PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI PATEN

20160719_091806_bigger

Pelayanan Publik merupakan salah satu isu yang menjadi indikator kinerja pemerintah yang dapat dilihat dan dirasakan masyarakat secara langsung, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi fokus utama dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah.

Hal ini juga menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga beberapa waktu yang lalu Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA, didampingi oleh Kepala KP2T-PM, Losmar Berutu, S.Pd,MM, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kab.Pakpak Bharat, Robincem Habeahan, S.IP dan Kabag Humas Setda Kab.Pakpak Bharat, Kastro Manik, S.Sos melakukan peninjauan terhadap penyelenggaraan PATEN di Kabupaten Pakpak Bharat.

Dalam arahannya di Kantor Camat Salak, Bupati Pakpak Bharat mengatakan bahwa Dalam Manajemen Pelayanan Publik tentunya harus disertai dengan kreasi dan inovasi yang ditujukan untuk memperbaiki birokrasi yang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan fungsinya, sehingga setiap aparatur dituntut harus jeli, teliti, peduli dan dapat berperan sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang sebelumnya juga telah membuat kerangka sistem pelayanan publik yang terstandar mutunya melalui penerapan ISO 9001:2008 di beberapa SKPD termasuk kecamatan telah menerapkan PATEN sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditetapkan dalam Permendagri Nomor 4 Tahun 2010. Tahapan-tahapan tersebut seperti pemenuhan persyaratan-persyaratan yang ditetapkan, antara lain:

  1. Persyaratan Substantif, yaitu adanya Pelimpahan Sebagian Kewenangan dari Kepala Daerah kepada Camat. Hal ini terpenuhi melalui Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.
  2. Persyaratan Administrasi, yaitu adanya uraian tugas personil kecamatan dan standar pelayanan. Hal ini terpenuhi melalui Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2009 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing Jabatan pada Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat, selain itu uraian tugas personil Kecamatan yang lebih spesifik terkait penyelenggaraan PATEN telah ditetapkan  seluruh Camat melalui Surat Keputusan. Untuk standar Pelayanan dipenuhi melalui Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun  2014 tentang Standar Perizinan dan Non Perizinan PATEN di Kabupaten Pakpak Bharat.
  3. Persyaratan Teknis, dipenuhi melalui adanya alokasi anggaran untuk setiap Kecamatan yang ditujukan melengkapi sarana/prasarana seperti yang diamanahkan dalam Permendagri Nomor 4 Tahun 2010.

Seluruh Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat telah menyelenggarakan PATEN, hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Pakpak Bharat Nomor 202 Tahun 2015 tentang Kecamatan Penyelenggaran PATEN di Kabupaten Pakpak Bharat. Kabag Tata Pemerintahan Setda Kab.Pakpak Bharat, Robincem Habehan menyebutkan bahwa 8 (delapan) Kecamatan penyelenggara PATEN tersebut melaksanakan seluruh Perizinan untuk usaha mikro dan kecil sesuai dengan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil. Sedangkan untuk Non Perizinan, pelayanan yang dilaksanakan di kecamatan berjumlah 73 jenis.

Untuk memastikan penyelenggaraan PATEN terlaksana sesuai dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat selalu melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik dengan menggunakan instrumen sesuai dengan yang dibutuhkan di Kabupaten Pakpak Bharat, melalui instrumen ini akan terlihat progress pelaksanaan PATEN di setiap kecamatan dan hasilnya pun dapat dijadikan untuk mengevaluasi kinerja aparatur kecamatan.

Dengan adanya penyelenggaraan PATEN di Kabupaten Pakpak Bharat, diharapkan kualitas pelayanan publik semakin baik, hubungan pemerintah dan masyarakat pun semakin dekat dan erat, dan yang terutama adalah dapat memberikan dampak yang nyata terhadap usaha pemerintah untuk menghadirkan kesejahteraan (Nduma) di kabupaten Pakpak Bharat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s