Bupati Serahkan 1511 Akta Kelahiran bagi Murid SD Sekabupaten Pakpak Bharat

Tanpa Jarak Tanpa Batas Bupati Pakpak Bharat melnyerahkan 1511 akta kelahiran anak bagi siswa SD seluruh Kabupaten Pakpak Bharat, yang secara simbolis diserahkan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA kepada 20 siswa SD.

Tanpa Jarak Tanpa Batas Bupati Pakpak Bharat menyerahkan 1511 akta kelahiran anak bagi siswa SD seluruh Kabupaten Pakpak Bharat, yang secara simbolis diserahkan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA kepada 20 siswa SD yang bertempat di SD 030426 Laetarondi. Selasa 25/11/2014

1511 akta kelahiran anak bagi siswa SD seluruh Kabupaten Pakpak Bharat, yang secara simbolis diserahkan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA kepada 20 siswa SD.

Akta kelahiran merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting. Namun masih banyak anak yang belum memiliki surat tersebut. Faktor biaya dan birokrasi sering menjadi alasan para orang tua belum mencatatkan kelahiran anaknya.

Karena itu, pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengadakan program pembuatan akta kelahiran gratis. Program pembuatan akta kelahiran gratis merupakan upaya pemerintah kab. Pakpak Bharat untuk mewujudkan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakatnya.

Salah satu cara percepatan yang dilakukan Dinas Dukcatpil Kab. Pakpak Bharat mengimplementasikan program ini dengan sistem stelsel aktif yakni melakukan penjemputan langsung ke masyarakat melalui sekolah dasar. Selasa (25/11) bertempat di SD 030426 Lae Trondi, pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan penyerahan 1511 akta kelahiran anak bagi siswa SD seluruh Kabupaten Pakpak Bharat, yang secara simbolis diserahkan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA kepada 20 siswa SD.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan program pembuatan akta kelahiran gratis yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu kegiatan pemenuhan hak – hak azasi manusia dalam memperoleh legalitasnya sebagai warga negara melalui kepemilikan dokumen kependudukan yang sah.

“Untuk memberhasilkan program ini, saya minta dinas Dukcatpil bekerjasama dengan seluruh kepala sekolah SD melalui dinas pendidikan dalam mendata siswa yang belum memiliki akta kelahiran. Juga sangat dituntut inovasi kita dalam upaya membantu masyarakat mengurus akta kelahiran, mengingat kondisi geograsis dan demografis daerah kita yang sangat sulit dan jauh dari tempat pelayanan administrasi kependudukan”, ujarnya.

Lanjutnya, masih banyaknya anak – anak yang belum mendapatkan akta kelahiran sehingga pada saat memasuki masa pendidikan selalu mengalami kendala, karena akta kelahiran adalah merupakan hak dasar seorang penduduk dan juga merupakan modal dalam menggapai masa depan anak – anak.

Khusus kepada para camat dan kades, saya minta terus mensosialisasikan program pembuatan akta kelahiran gratis kepada masyarakat, sehingga seluruh masyarakat kabupaten Pakpak Bharat memiliki akta lahir.

“Inovasi yang dilakukan pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melalui dinas Dukcatpil akan melakukan program “Bayi Lahir Memiliki Akta”. Proses ini hanya 2 (dua) hari setelah bayi lahir, dengan seluruh persyaratan pengurusan dokumen akan dijemput oleh petugas dinas Dukcatpil dimana si ibu melahirkan pada fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat dan sekaligus mengantarkan akta kelahiran tersebut kepada keluarga si bayi”, kata Kadis Dukcatpil Drs. Parulian Sinaga dalam laporannya.

Ditambahkannya, bahwa saat ini telah ada 5 (lima) orang bayi yang telah diselesaikan pembuatan akta lahirnya, walaupun regulasi untuk kegiatan ini masih dalam proses, dan semua gratis tanpa dipungut biaya administrasi.

Acara ini dihadiri Kadis Pendidikan Jalan Berutu, MM., Camat Salak Ishak Simon Maibang, Camat PGGS Saor Manik, Camat STTU Jehe Sabar Berutu, Camat Tinada Jonni Fiber Solin, Para kepala sekolah SD sekabupaten Pakpak Bharat, dan para orang tua murid.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten I Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua, Budi Wardaya, S.Sos yang merupakan ketua tim kunjungan kerja pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang ke Kabupaten Pakpak Bharat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s