DUKUNGAN PENUH KABUPATEN PAKPAK BHARAT DALAM FESTIVAL DANAU TOBA 2013

Terlihat Peran dan dukungan serta penghargaan Panitia lainnya yang diberikan kepada Kabupaten Pakpak Bharat antara lain pemberian pakaian adat Pakpak secara lengkap yang langsung disematkan Bupati beserta Ibu kepada rombongan tamu VVIP seperti Menko Perekonomian, Ir. M. Hatta Radjasa, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pudjo Nugroho, ST dan Wagub, Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si serta beberapa tamu lainnya, bersama pakaian adat Batak Toba, Simalungun dan Karo

Terlihat Peran dan dukungan serta penghargaan Panitia lainnya yang diberikan kepada Kabupaten Pakpak Bharat antara lain pemberian pakaian adat Pakpak secara lengkap yang langsung disematkan Bupati beserta Ibu kepada rombongan tamu VVIP seperti Menko Perekonomian, Ir. M. Hatta Radjasa, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pudjo Nugroho, ST dan Wagub, Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si serta beberapa tamu lainnya, bersama pakaian adat Batak Toba, Simalungun dan Karo

 

Kharisma Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA ternyata tidak hanya di Kabupaten saja, tetapi juga di daerah lain, sebagaimana sambutan beberapa Kepala Daerah di Sumatera Utara di Hotel Dumasari, Tuktuk Siadong, Samosir, Minggu sore (08/09) sebagai tempat penyambutan tamu dari Danau Toba. Beliau yang dengan gagah menggunakan baju adat Pakpak dengan ditemani Ibu Made Tirta RY Berutu, S.Sos yang tampil begitu anggun sehingga terlontar kalimat dari salah seorang Kepala Daerah,” Jadi tambah semangat  ngikutin acara ini karena sudah hadir Bupati Pakpak Bharat beserta nyonya”, yang kemudian ditimpali lagi oleh Kepala Daerah yang lain, “Sudahlah ganteng, pintar, serta berprestasi. Jangankan kaum perempuan, awak pun terpesona dibuatnya”. Bupati langsung membalas dengan nada rendah hati, “Ah, enggak sampai sebegitunya lah, Bang”.
Pesona tidak hanya pada Bupati, tetapi juga pada Ibu Made Tirta sehingga seorang artis sekelas Christine Hakim mendatangi beliau serta berkomunikasi tentang budaya Pakpak, sebagaimana pakaian yang dipakai Ibu Made Tirta. “Mbak Christine Hakim sangat tertarik dengan tenunan Pakpak yang saya kenakan ini”, jelas Ibu Made Tirta saat dikonfirmasi.
“Walaupun secara langsung Kabupaten Pakpak Bharat tidak bersentuhan dengan lokasi Danau Toba, tetapi sesungguhnya peran wilayah kita sangat besar karena sebagai zonabuffer (penyangga) terhadap sumber daya alam Danau Toba serta sebagai koridor dari ekosistemnya. Itulah mengapa kita, Kabupaten Pakpak Bharat, berperan aktif dan mendukung penuh festival ini”, papar Bupati saat ditanya tentang keikutsertaaan Kabupaten dalam acara ini.
Peran dan dukungan serta penghargaan Panitia lainnya yang diberikan kepada Kabupaten Pakpak Bharat antara lain pemberian pakaian adat Pakpak secara lengkap yang langsung disematkan Bupati beserta Ibu kepada rombongan tamu VVIP seperti Menko Perekonomian, Ir. M. Hatta Radjasa, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pudjo Nugroho, ST dan Wagub, Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si serta beberapa tamu lainnya, bersama pakaian adat Batak Toba, Simalungun dan Karo. Selain itu juga rangkaian penyambutan tamu secara adat Pakpak yang dikenal dengan era-era, serta melibatkan adat Pakpak dalam prosesi “Sulang-sulang” untuk menghargai para orang tua.
Bupati Pakpak Bharat yang ditempat oleh panitia di tribun kehormatan bersama tamu-tamu VVIP lainnya tampak ceria dan akrab dengan para undangan lainnya, termasuk Ibu Made Tirta yang dengan ramah berdialog dengan Ibu Okke Hatta Radjasa dan Ibu Sutiyas GP Nugroho. “Kehadiran kita semua, termasuk keterlibatan dalam pameran yang telah disiapkan serta mengisi berbagai acara sampai malam pagelaran nantinya adalah bukti kepedulian kita terhadap Danau Toba itu sendiri serta budaya-budaya yang melingkarinya”, tutur Bupati.
Menko Buka FDT
Secara resmi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ir. M. Hatta Radjasa membuka secara resmi acara ini di Open Stage Tuktuk Siadong dengan memukul gondang yang disambut dengan rangkaian alat musik tabuh dari berbagai daerah di pentas utama dan disaksikan puluhan ribu pasang mata termasuk Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, para Bupati dan Walikota se-Sumatera Utara, para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, termasuk Bapak Tiopan Bernhard Silalahi, yang sangat concern terhadap budaya Batak dan Danau Toba, serta undangan lainnya seperti artis Christine Hakim yang tampak begitu aktif mengabadikan segala moment kegiatan serta berdialog dengan berbagai pihak.
“… Kalaulah bukan karena tinta, takkan kugubah sebuah syair… Kalau lah bukan karena cinta, mana mungkin saya sampai ke Samosir…” demikian sang Menteri mencoba berpantun yang penuh makna. Ya, karena cinta lah yang dapat membuat Pulau Samosir dan Danau Toba ini sebagai ikon wisata sehingga terus-menerus menarik perhatian dunia. Karena cinta juga terbangun kepedulian dan tanggung jawab kita terhadap kelestarian Danau Toba serta ekosistem di sekitarnya. Dan karena cinta jugalah menggerakkan kita bersama-sama, apa pun latar belakang kita, menjadikan Danau Toba ini sebagai bagian dari diri kita.
Berbagai rencana strategis dipaparkan oleh beliau demi menunjang kepentingan di Danau Toba. “Tapi itu semua tidak akan berhasil jika tidak kita kerjakan bersama-sama”, sambungnya lagi. Senada dengan beliau, Wamen Parekraf dan Gubsu didalam sambutannya juga menyatakan hal yang sama.

Acara pembukaan diisi juga dengan berbagai hiburan seperti tari “Sawan” yaitu menari sambil mengangkat cawan keramik di kedua belah telapak tangan, siku, bahu dan di atas kepala yang ditampilkan secara kolosal oleh 500 siswa dari tingkat SD sampai SLTA dan mendapat tepuk tangan yang begitu meriah dari para hadirin, serta ditutup dengan paduan suara massal.

 

……. Jandri Manik……

One thought on “DUKUNGAN PENUH KABUPATEN PAKPAK BHARAT DALAM FESTIVAL DANAU TOBA 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s