AUDIENSI BUPATI PAKPAK BHARAT DENGAN WAKIL MENTERI PAN & RB TERKAIT 9 SKPD PEMKAB PAKPAK BHARAT RAIH SERTIFIKAT ISO 9001:2008

PEMKAB PAKPAK BHARAT TOREHKAN PRESTASI, PERTAMA DI INDONESIA TERAPKAN SERTIFIKASI ISO TERINTEGRASI

PEMKAB PAKPAK BHARAT TOREHKAN PRESTASI, PERTAMA DI INDONESIA TERAPKAN SERTIFIKASI ISO TERINTEGRASI

Prestasi Pemkab Pakpak Bharat meraih sertifikat ISO 9001:2008 secara terintegrasi, merupakan suatu rekor tersendiri untuk skala nasional. Sejauh ini, perolehan sertifikasi ISO biasanya bersifat parsial, satu atau dua unit saja. Bukan seperti Kabupaten ini yang melakukan secara terintegrasi yang melibatkan seluruh SKPD di dalamnya. Capaian ini sangat membanggakan, tidak saja bagi dalam skala regional, tetapi juga bagi bangsa Indonesia, yang tengah berupaya bangkit dari buruknya pelayanan terhadap masyarakat. Memang sudah banyak daerah dan institusi pemerintah lainnya yang menerapkan standar bertaraf internasional dalam pelayanan, tetapi masih jauh lebih banyak yang belum memiliki standar internasional.

DSC_8094 - Copy

Wajar kalau Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA mengharapkan secara khusus penyerahan sertifikat ISO itu dapat dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB). “Kami berharap Pak Menteri berkenan menyerahkan setifikat ISO ini kepada para pimpinan SKPD, bukan kepada saya”, ujarnya ketika beraudiensi dengan Wakil Menteri PAN & RB Prof. Dr.rer.publ. Eko Prasojo, SIP, Mag.rer.publ. di Gedung KemenPAN RB, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (22/08). Menurut Bupati yang dalam kesempatan itu didampingi Asisten Administrasi dan Pembangunan serta beberapa jajarannya, langkah itu merupakan bentuk apresiasi kepada aparatur di daerah yang sekaligus sebagai amanah yang harus diemban, agar bisa mempertahankan kualitas pelayanan publiknya. “Teknisnya, bisa saja dilakukan di Pakpak Bharat, atau di Kementerian PAN & RB Jakarta. Namun kami berharap penyerahan dilakukan di Jakarta”, harap Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Wamen mengatakan, pihaknya mendukung rencana tersebut dan tidak keberatan dengan permintaan Bupati Pakpak Bharat. Lebih dari itu, keberhasilan daerah ini perlu digaungkan ke tingkat nasional agar menjadi percontohan daerah lain. “Pakpak Bharat saja bisa, kenapa daerah lain tidak bisa”, sebut beliau yang juga didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Mirawati Sudjono, Ak., M.Sc. Wamen menambahkan, prestasi yang telah diraih ini harus bisa dipertahankan. Untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2008 bagi 9 SKPD secara terintegrasi tentu bukan perkara mudah. “Namun yang lebih sulit adalah mempertahankannya. Karena itu saya minta Pak Bupati harus terus menerus melakukan pengawasan kepada jajarannya, agar prestasi ini minimal bisa dipertahankan. Syukur bisa ditingkatkan”, tambahnya.

Tampaknya Bupati juga sudah mengantisipasi hal ini. Sudah direncanakan memang oleh DSC_8120Pemkab Pakpak Bharat untuk menerapkan Standar Manajemen Mutu (SMM)  ISO 9001 : 2008 untuk seluruh SKPD dan unit pelayanan teknis (UPT) di Pakpak Bharat. “Karena sesungguhnya sejak saya menjabat sebagai Bupati pada tahun 2010, kualitas pelayanan publik selalu menjadi prioritas. Ini juga sebagai perwujudan keinginan akan kebutuhan masyarakat sehingga nantinya akan memuaskan mereka terutama dari sisi pelayanan publik”, terangnya lagi.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari Pemkab Pakpak Bharat berupa ‘oles’ khas Pakpak

….Jandri Manik….

2 thoughts on “AUDIENSI BUPATI PAKPAK BHARAT DENGAN WAKIL MENTERI PAN & RB TERKAIT 9 SKPD PEMKAB PAKPAK BHARAT RAIH SERTIFIKAT ISO 9001:2008

  1. Kalah Kodya Tanjung Balai, Kodya P.Siantar, Kodya Medan, seluruh Kab/Kota dikalahkan Pemkab Pakpak Bharat,,,,LANJUTKAN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s