Pemukiman Sibande Terbakar

Pemukiman Sibande Pakpak Bharat Kebakaran
Pakpak Bharat
Kebakaran terjadi di pemukiman Sibande Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe (STTU JEHE) Kab. Pakpak Bharat tepatnya di Jalinsum-NAD.
Informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber menyebutkan, api mulai menjalar dari salah satu dapur rumah warga milik Sopian Bintang.
Pada 21/08/2013, Sekitar pkl. 21.25 api terlihat mulai muncul dan membesar dari dapur milik Sopian Bintang. Melihat kejadian tersebut sontak sejumlah warga yang bermukim disekitar langsung berusaha mendekati titik api dan mulai membantu melakukan pemadaman dengan menimba air menggunakan ember dari rumah-rumah warga sekitar dan menyiram dapur milik Bintang.
Melihat suasana api semakin membesar warga berinisiatif melakukan pembongkaran empat unit rumah yang berada berdampingan dengan rumah yang terbakar. Rumah yang sengaja dibongkar dua unit disebelah kiri dan sebelah kanan rumah yang terbakar. Namun berkat kesigapan warga yang hampir mencapai ribuan orang akhirnya rumah milik Bintang berhasil diselamatkan dari kebakaran keseluruhan. Akan tetapi 3 unit ruang pada rumah tersebut habis terbakar di bahagian belakang.
Sementara sekitar pkl. 23.00 api sudah tidak lagi terlihat menyala, namun bara api masih terdapat disekitar kebakaran dan pada saat tersebutlah muncul satu unit kebakaran milik Pemkab Pakpak Bharat.
Disayangkan pemadam kebakaran tersebut langsung mendapat sorak sorai warga, selain dinilai terlambat, kendaraan pemadam tersebut juga mengalami kerusakan pada bagian pompa dan tidak dapat bekerja menyiramkan air. Berselang setengah jam 1 unit pemadam kebakaran milik Pemkab Pakpak Bharat dan disusul 2 unit Pemadam milik Pemkab Dairi datang lagi dan sempat mendapat perlawanan dari warga yang kecewa karena keterlambatan datang.
Setelah melakukan negosiasi dan komunikasi berhasil diijinkan massa untuk menyiram sisa-sisa kebakaran yang dikhawatirkan masih berpotensi munculnya api.
Setelah dilakukan cek dan ricek diketahui bahwa sejumlah rumah yang dirusak untuk memadamkan api antara lain: sebelah kiri rumah yang terbakar milik Sempurna Boangmanalu, Burman Berutu, Benna Boangmanalu dan Sadar Situmorang. Sebelah kanan: Sirun Manik, Kalang Solin, Pak Ali Boangmanalu dan rumah milik Sutong Malau.
Sementara lokasi kebakaran yang terjadi tepat dilintasan jalan besar Jalinsum-NAD terpaksa macet dan terdapat antrian panjang ratusan kendaraan baik dari arah aceh maupun dari Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Untuk mengantisipasi antrian yang lebih panjang, pihak kepolisian mengalihkan lintasan melalui Jalan Alternatif via Kuta Onan-Tinada dan menuju Sukarame Kec. Kerajaan menuju Medan. Sementara dari arah Medan menuju Aceh hingga pkl. 23 lewat masih tertahan.
Hingga berita ini diturunkan pemadaman masih dilakukan dan diperkirakan rumah yang rusak masih akan bertambah. Dan kerugian yang terjadi akibat kebakaran belum dapat diperkirakan. Demikian juga penyebab kebakaran belum dapat diketahui secara pasti namun diduga kuat disebabkan meledaknya Kompor Gas milik Pak Bintang. **

One thought on “Pemukiman Sibande Terbakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s