RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DAN UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE-10 KABUPATEN PAKPAK BHARAT TANGGAL 28 JULI 2013

06-puncak

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada yang sedang berpuasa disertai permohonan maaf yang sebesar-besarnya, dilakukan pemotongan kue ulang tahun sebagai puncak acara Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-10 Kabupaten Pakpak Bharat di Ruang Sidang DPRD, Kompleks Panorama Indah Sindeka Salak, Minggu (28/07). Diiringi oleh Paduan Suara Korpri Pemkab, yang berturut-turut menyanyikan lagu “Happy Birthday”, “Panjang Umurnya” dan “Selamat Ulang Tahun” secara nonstop, menambah keceriaan suasana pemotongan kue ulang tahun ini.

Rapat yang beragendakan tunggal yaitu Pidato Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA  ini tampak sangat megah dan meriah, yang dihadiri ratusan orang berbagai kalangan yang tidak hanya memadati ruang sidang, tetapi sampai meluber ke jalanan di sekitar gedung DPRD. Selain unsur pimpinan dan anggota DPRD, acara ini dihadiri juga oleh perwakilan kabupaten tetangga seperti H. Sukran Jamilan Tanjung, SE, Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Drs. Marganti Manullang, Sekda Kab. Humbang Hasundutan, Martuaman S. Silalahi, SH, Asisten Pemerintahan Kabupaten Samosir, Drs. Ombang Siboro, unsur Muspida Kabupaten Pakpak Bharat, tokoh-tokoh pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat, pemuka adat, pemuka masyarakat, tokoh-tokoh yang berprestasi, unsur Pemkab Pakpak Bharat, TP PKK dan Dharma Wanita, instansi vertikal, partai politik dan ormas, serta pihak-pihak yang menunjukkan kebanggaannya disaat Kabupaten ini berusia sepuluh tahun dengan turut menghadiri acara ini. Sidang ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. Agustinus Manik dengan didampingi para Wakil Ketua yaitu Edison Manik, SE dan Sauli IP Habeahan

Dalam pidatonya setebal 14 halaman, Bupati  mencoba membuka memori lembaran sejarah 10 tahun Kabupaten ini dan mengajak semua untuk menghayatinya. “Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang pemekaran dan kepada para mantan pejabat Bupati dan Wakil Bupati serta mantan Ketua dan Anggota Dewan yang telah memberikan kontribusi melalui kiprah dan karyanya dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat. Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada tokoh pejuang pemekaran, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat berencana membangun monumen perjuangan dan penyusunan buku sejarah berdirinya Kabupaten, serta rencana pemugaran makam tokoh pemekaran”, ucapnya dengan tulus yang disambut tepuk tangan meriah seluruh hadirin.

Terkait dengan tema perayaan kali ini, Bupati mengajak semua pihak untuk menjadikannya sebagai momentum melakukan refleksi dan evaluasi atas apa yang telah dilaksanakan dalam berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Pakpak Bharat. Bupati juga mengharapkan untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca persoalan-persoalan strategis yang sedang dialami di masa yang akan datang, untuk kemudian dijadikan agenda penting dalam mewujudkan masa depan Pakpak Bharat yang lebih baik. “Terakhir saya meminta agar momentum hari jadi ini sebagai wahana meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Pakpak Bharat yang sangat kita banggakan ini sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing”, sebut beliau.

Di dalam rangkaian rapat yang juga dilengkapi dengan tampilan slide pada kiri dan kanan gedung yang masing-masing berukuran 3 kali 4 meter dan berisikan visualisasi pidato tersebut dilengkapi dengan gambaran perjalanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Bupati selanjutnya menjelaskan tentang tantangan besar yang masih dihadapi hingga saat ini yaitu penciptaan pertumbuhan ekonomi, penanggulangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, tata kelola pemerintahan dan pembangunan, serta sinergitas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat maupun provinsi, dengan pemerintah desa maupun dengan dunia usaha dan masyarakat luas. “Dengan penuh keyakinan, bersama dengan DPRD sebagai sesama unsur penyelenggara pemerintahan di daerah, semua tantangan ini dapat dihadapi dan direncanakan agar program-program benar-benar menyentuh dan pro rakyat dengan penentuan kebijakan senantiasa berpijak pada konsep pro growth, pro job, pro poor dan pro environtmet”, sambungnya lagi.

Di akhir pidatonya, beliau selaku kepala daerah dan atas nama seluruh masyarakat, menghaturkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berjuang untuk Kabupaten ini selama 10 tahun, dan secara khusus didedikasikan kepada para tokoh pemekaran. “Semoga dalam usianya yang beranjak dewasa, Kabupaten Pakpak Bharat dapat terus meraih prestasi dan masa depan dengan gemilang. Dirgahayu yang ke 10 Kabupaten Pakpak Bharat”, pungkasnya mengakhiri pidato tersebut.

Rangkaian acara saat rapat paripurna ini juga diisi dengan pemberian cendera mata seluruh tokoh dan pejuang pemekaran, yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Pakpak Bharat. Tanpa diduga-duga sebelumnya, Bupati telah merencanakan untuk menyumbangkan suaranya diakhir acara, dengan sebuah lagu berjudul “Keke Ko”, karya Effendi Berutu, yang diiringi oleh paduan suara Korpri, sehingga semakin menambah hangatnya kemeriahan suasana peringatan Hari Jadi kali ini.

Upacara

Sebelumnya dilakukan juga Upacara Peringatan Hari Jadi di Lapangan Napasengkut Salak dengan Inspektur Upacara Bupati Pakpak Bharat. Upacara ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari unsur PNS, TNI, Polri, Pelajar, OKP, instansi vertikal, para Camat dan Kepala Desa serta unsur masyarakat. Bertindak selaku komandan upacara yaitu Dan Ramil Salak, Kapten J. Sihombing.

Tampak di tribun kehormatan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ir. H. Maju Ilyas Padang, Ketua DPRD, Ir. Agustinus Manik beserta para Wakil Ketua Edison Manik, SE dan Sauli IP Habeahan, Dandim 0206, Letkol Inf. Syawal Fahmi Tambunan, MM, Kapolres, AKBP Gieuseppe Reinhard Gultom, SIK, Ka. Kejari, Pendi Sijabat, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri, Herry Suryawan, SH, Sekda, Drs. Holler Sinamo, MM, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Ny. Made Tirta RY Berutu, S.Sos, Ny. Hj. Idahliany MI Padang dan Ny. Yetti Holler Sinamo, dan undangan lainnya seperti tokoh-tokoh masyarakat se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Upacara ini berlangsung dengan tertib dan khidmat walaupun berlangsung dengan singkat karena akan dilanjutkan dengan agenda Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD.

2 thoughts on “RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DAN UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE-10 KABUPATEN PAKPAK BHARAT TANGGAL 28 JULI 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s