Logo HUT Pemkab. Pakpak Bharat Ke – 10

logo HUT Pemkab Pakpak Bharat Ke-10

logo HUT Pemkab Pakpak Bharat Ke-10

KETERANGAN LOGO 10 TAHUN KABUPATEN PAKPAK BHARAT

1. Gambar seorang wanita sedang menari yang membentuk angka satu dan angka nol disebelahnya yang dirangkai dengan kata-kata tahun, mendeskripsikan 10 tahun usia Kabupaten Pakpak Bharat. Gambar perempuan yang menggunakan baju adat Pakpak tersebut juga mewakili ciri khas budaya Pakpak.

2. 10 buah bintang berwarna-warni dalam berbagai posisi dan ukuran yang berbeda, merupakan perlambangan sepanjang 10 tahun hadirnya Kabupaten ini dengan penuh warna, kecemerlangan dan dinamis dalam mencapai kesejahteraan atau “nduma”.

3. Gambar sepasang cicak di tengah lingkaran atau yang disebut Gerga Braspati, yaitu simbolisasi bagi masyarakat Pakpak untuk pelindung atau penangkal segala kejahatan baik lahir maupun batin. Gerga ini juga melambangkan Dewa Penguasa Tanah sebagai lambang kesuburan, yang dikenal dengan sebutan Braspati Tanoh.

4. Angka 2003-2013 dan tulisan Kabupaten Pakpak Bharat menyatakan kelahiran dan saat ulang tahun Kabupaten ini yang ke-10.

5. Bentuk gunung dengan garis siluet berliku-liku adalah untuk menunjukkan wilayah Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan daerah pegunungan dan berada dalam rangkaian dataran tinggi Bukit Barisan di mana dalam menempuh berbagai lokasi di sana harus melalui jalanan penuh kelokan, yang juga dapat diartikan untuk mencapai kesejahteraan bukan semudah dan selempang jalan lurus.

…..(Jandi Manik)…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s