KUBE NDUMA JAMBU MBELLANG KEMBANGKAN TANAMAN CABE

Lahan Pengembangan Cabe Kelompok Nduma Jambu Mbellang di lahan pertanian Baek Padang

Lahan Pengembangan Cabe Kelompok Nduma Jambu Mbellang di lahan pertanian Baek Padang

KUBE NDUMA JAMBU MBELLANG KEMBANGKAN TANAMAN CABE
Geta Pakpak
Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Nduma Jambu Mbellang Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat yang mendapat bantuan keungan dari Dinas Sosial, mengembangkan tanaman Cabe merah. Menurut penuturan Sekretaris Kube Nduma, kelompoknya mendapatkan bantuan untuk kedua kalinya setelah tahun sebelumnya juga telah berhasil mengembangkan tanaman Cabe di lahan-lahan pertanian anggota kelompoknya. Kamis, 04/04/2012.
Pengembangan tanaman cabe tersebut dilakukan secara tumpang sari di lahan-lahan pertanian warga. “Dengan tumpang sari kami mendapatkan dua kali untung, selain membuat bersih tanaman tua yang terdapat di lahan tersebut, setelah enam bulan secara bersama-sama kami seluruh anggota kelompok akan memanen hasil” katanya. Hingga saat ini kelompok tersebut dikatakan dia telah menyelesaikan penanaman 3.000 batang pada lahan anggota Baek Padang dengan tiga mulsa (red- tiga jalur panjang berkisar 25 meter).
Pendamping Kube Citra Boangmanalu menyampaikan bahwa Kelompok Binaanya tersebut sejak tahun 2009 telah melakukan beberapa kali penanaman cabe secara berkelompok dengan hasil yang cukup membantu ekonomi keluarga. Harapanya kedepan kelompok dampinganya itu akan dapat bantuan dan binaan yang lebih baik lagi sehingga dapat menjadi contoh bagi petani sekitar. **

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s