87,16% WILAYAH PAKPAK HUTAN, HARUS ADA SOLUSI

87,16% WILAYAH PAKPAK HUTAN, HARUS ADA SOLUSI
GETA_PAKPAK.COM
Luas wilayah Kabupaten Pakpak Bharat yang mencapai 1.218,30 KM2 atau sekitar 121.830 Ha atauluasan tersebut merupakan 1,7% dari luas Propinsi Sumatera Utara, sebanyak 87,16% dari total luas Kabupaten Pakpak Bharat tersebut adalah merupakan kawasan hutan yang tidak bisa diganggu oleh kegiatan apapun kecuali perlindungan hutan itu sendiri. Sejumlah tokoh masyarakat Pakpak Bharat mengaku resah dengan keberadaan status hutan wilayah Pakpak Bharat tersebut sebab sebagaimana program pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk membangun Pakpak Bharat berbasis pertanian akan mengalami kendala yang cukup berat.
“Jika hanya sekitar 13 % saja yang bisa dijadikan lahan pertanian, pemukiman, perkantoran dan lain-lainnya jadi samapai kapan Kabupaten ini akan bisa bertahan pada prioritas sektor pertaniannya?” ungkap B. Manik salah seorang warga Pakpak Bharat (Salak, Rabu, 08/09). lebih jauh dikatakannya jika status kawasan hutan tersebut tidak mampu dirubah oleh pihak Pemerintah, sebaiknya program pembangunan pertanian segera dirubah dan disesuaikan dengan potensi terbesar yang dimiliki daerah itu sendiri. “Sehingga dana-dana yang seharusnya didapatkan oleh Pakpak Bharat terkait pemeliharaan hutan mestinya akan sanggup membiayai kesejahteraan masyarakatnya” katanya. sulitnya mendapatkan perubahan status hutan telah pula mengakibatkan kekhawatiran bagi eksistensi Kabupaten Pakpak Bharat kedepan, sebab akan menyangkut perkembangan dan daya saing daerah ditengah-tengah perkembangan zaman.
Sekaitan itu diharapkan kepada pihak pemerintah pusat agar dapat lebih terbuka terhadap perubahan dan perkembangan daerah yang berorientasi kepada suksesnya otonomi daerah dalam membangun kemandirian masibg-masing. Jika daerah berjuang sendiri dan pemerintahan pusat juga berjuang sendiri dengan programnya masing-masing akan mengakibatkan kontra produksi rencana pembangunan yang berakibat pada kegagalan kedua belah pihak dalam merealisasi cita-cita kemerdekaan bangsa. @

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s