PENAMPUNG KAYU PERTANYAKAN SKAU

PENAMPUNG KAYU PERTANYAKAN SKAU
GETA_PAKPAK.COM
Surat Keterangan Asal Usul Kayu (SKAU) yang merupakan legitimasi bagi para penampung kayu jenis tertentu di Kabupaten Pakpak Bharat proses pengurusannya dipertanyakan. Hal tersebut diungkapkan oleh S. Berutu salah seorang penampung kayu di Kabupaten Pakpak Bharat. Kepada wartawa pada, Sabtu, 21/08 mengatakan bahwa selama ini dinamika yang terlihat dilapangan penebangan kayu jenis tertentu yang lajim ditebang seperti kayu sengon, kemiri, durian dan lain-lain seharusnya telah dapat menjadi salah satu saluran pemasukan keuangan bagi daerah, namun karena sulitnya mendapatkan SKAU mengakibatkan peluang tersebut menjadi tertutup.
Lebih jauh Berutu menyampaikan dalam beberapa kesempatan ia telah mempertanyakan perihal pengurusan surat ijin tersebut, namun pihak pemerintah terkesan tidak mau tahu dan menghindar dengan berbagai alasan. “Adapun masyarakat kita menebang kayu-kayu yang saya maksudkan tadi adalah faktor ekonomi lemah yang selalu membayangi” tambahnya. Sekaitan itu Ia mengharapkan kepada instansi terkait pada pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam kerangka membuka peluang pemasukan daerah dan terbukanya lapangan baru bagi pemasukan ekonomi keluarga dapat segera menerbitkan surat-surat yang dimaksud. Selain itu dengan diterbitkannya surat tersebut masyarakat akan lebih dimudahkan dalam proses pengangkutan maupun penjualan hasil bumi mereka.
Bukan hanya itu dengan adanya surat tersebut warga masyarakat pemilik kayu akan lebih leluasa dalam mengelola hasil bumi mereka. “Tidak akan ada lagi istilah ilegal loging yang hanya memberikan rasa takut dan kerugian bagi warga” pungkasnya. @

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s