PENGEMBANGAN BUDAYA PAKPAK PERLU BUKTI

PENGEMBANGAN BUDAYA PAKPAK PERLU BUKTI
GETA_PAKPAK.COM
Kabupaten Pakpak Bharat yang sering disebut sebagai benteng terakhir yang mempertahan kan dan pengembangan Kebudayaan Pakpak pada kenyataannya belum dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya. Kenapa? Karena Kabupaten Pakpak Bharat pra pemekaran daerah dari sisi budaya terlihat tidak jauh berbeda, bahkan menurut sejumlah kalangan malah semakin bergeser dengan keluar masuknya budaya maupun tradisi budaya suku lain. “Pengembangan Kebudayaan Pakpak di muka bumi ini perlu bukti. Bukan hanya soal keprihatinan dan rencana panjang dan pendek” ungkap R. Boangmanalu salah seorang warga Kota Salak sekaligus pemerhati budaya Pakpak.
Sebelumnya menurut Boangmanalu hampir setiap pelaksanaan pesta adat perkawinan diwilayah Suak Simsim akan berlaku adat istiadat Pakpak, namun kini tidak jarang dalam pesta-pesta adat malah pelaksanaannya dilakukan dengan adat suku lain, sementara yang menjadi pihak sukut maupun tuan rumah adalah warga Pakpak yang misalnya melakukan perkawinan dengan salah satu suku non Pakpak. “Ini bukan soal suku ini atau suku itu, namun inilah dinamika yang terjadi. “Katakanlah pihak laki-laki dalam sebuah pesta perkawinan melakukan pesta adat dengan suku lain, malah yang diberlakukan itu adat suku non Pakpak. Ini memang soal pilihan kedua belah pihak. Namun inilah yang terjadi” ungkapnya menerangkan.
Untuk itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk terus melakukan berbagai upaya dan pola dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Budaya setempat. “Pemerintahs elaku motor penggerak pembangunan harusnya memahami situasi yangs ekarang sehingga dapat serta merta memberikan cara ditengah-tengah masyarakatnya dalam mengembangkan budaya Pakpak ditengah-tengah masyarakatnya yang 90 % adalah Suku Pakpak” pungkasnya. @

One thought on “PENGEMBANGAN BUDAYA PAKPAK PERLU BUKTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s