Nakkok Sinamo: Dinas Pertanian Belajarlah Bertahan

Nakkok Sinamo:
Dinas Pertanian Belajarlah Bertahan
GETA_PAKPAK.COM
Sorotan terhadap kinerja Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terus datang silih berganti. Bukan hanya menyoal Balai Benih Ikan, Pembagian sejumlah bantuan pembibitan dan bahkan kegiatan penangkaran ternak yang terdapat di Desa Pardomuan Kuta Ujung Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu (STTU JULU) yang sebelumnya dimaksudkan sebagai langkah menjamin ternak bantuan sampai ke masyarakat dengan sehat malah semakin menimbulkan masalah dengan ditemukannya ternak yang terdapat di penangkaran mati hampir 50 % dari ternak yang sudah dalam pengawasan Dinas tersebut.
Nakkok Sinamo pemerhati pembangunan Pakpak Bharat kepada wartawan di Salak pada Kamis, 22/07 mengatakan permasalahan yang utama dalam kinerja Dinas Pertanian Pakpak Bharat sesungguhnya tidak hanya soal-soal program yang telah dirancang sedemikian rupa bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama, namun menurut sarjana pertanian itu pada instansi tersebut perlu dilakukan evaluasi struktur dan tekanan hukum kepada oknum-oknum pejabatnya yang telah terindikasi korupsi. “Dari sekian panjang perjalanan Pemerintahan Pakpak Bharat, saya kira yang kinerjanya paling anjlok adalah Dinas Pertanian, padahal Dinas inilah penentu maju-mundurnya masyarakat Pakpak Bharat yang 90% adalah petani” ungkapnya.
Tidak banyak yang harus dilakukan, namun ditilik dari posisi dan komposisi yang dimiliki Dinas Pertanian Pakpak Bharat saat ini, pucuk pimpinan Pemkab Pakpak Bharat menurut Sinamo perlu melakukan pergantian di level elit instansi sektor tersebut, sehingga sejumlah ketimpangan yang sudah terjadi pada dinas tersebut dapat segera diperbaiki dan kedepan siapapun yang melanjutkan program pada dinas tersebut dianjurkan belajar untuk bertahan dan merangkai kembali pembangunan sektor pertanian. “Jika sudah dilakukan evaluasi menyeluruh, dan sejumlah oknum pejabatnya dilakukan pergeseran, maka kita harapkan para penerusnya dapat bekerja dengan lebih leluasa, dan mampu bertahan untuk sedikit demi sedikit merangkai ulang pembangunan sektor pertanian kita” pungkasnya. @

NAKKOK SINAMO, SP

NAKKOK SINAMO, SP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s