Ketua FKKD: PEMBERIAN DISPOSISI PEMERIKSAAN KADES BUPATI HARUS LEBIH BIJAK

Ketua FKKD:
PEMBERIAN DISPOSISI PEMERIKSAAN KADES BUPATI HARUS LEBIH BIJAK
GETA_PAKPAK.COM
Terkait sejumlah ijin disposisi pemerikasaan Kepala Desa yang dibuat oleh Bupati Kabupaten Pakpak Bharat H. Makmuer Berasa, akhirnya Ketua Forum Komunikasi Kepala Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Pakpak Bharat Ernatus Berutu angkat bicara. Kepada wartawan di Sindeka Salak pada Rabu, 21/07 mengaku resah dengan tindak tanduk Bupati Pakpak Bharat H. Makmur Berasa yang akan segera mengakhiri masa jabatannya itu dengan adanya sejumlah pemberian ijin disposisi pemeriksaan anggota organisasi yang dipimpinannya itu kepada pihak kepolisian, sementara menurutnya para Kepala Desa yang dianggap bermasalah tersebut dinilai masih bisa diselesaikan ditingkat masyarakat bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.
“Jika melihat dari sejumlah permasalahan yang dialami para kepala Desa itu seharusnya Bapak Bupati dapat lebih bijaksana, karena seperti yang terjadi pada Kades Boangmanalu, itu permasalahannya sesungguhnya masih bisa diselesaikan ditingkat masyarakat, masa langsung main kepolisian. Kita bukan alergi dengan kepolisian tapi kita berharap Bupati selaku Kepala Daerah seharusnya mengayomi bawahannya” ungkapnya. Lebih jauh Pak Berutu menerangkan bahwa Bupati H. Makmur Berasa yang tinggal hitungan hari seharusnya dapat memberikan kesan yang baik serta memory yang indah kepada warga dan aparatnya, bukan malah terkesan memperkerus suasana dengan gampang saja memberikan disposisi pemeriksaan kades.
“Yang dihadapi anggota saya bukan kriminal murni atau kasus asusila ataupun korupsi, masa langsung main polisi, apa tidak ada lagi gunanya lembaga adat dan kearifan lokal yang selama ini menjadi ciri daerah kita ini” ungkapnya heran. Dialin pihak Ernatus Berutu mengharapkan kepada pihak penegak hukum agar kasus-kasus yang menyangkut anggotanya dapat segera diselesaikan dan ia sangat harapkan penyelesaian sejumlah permasalahan yang dimaksud dapat diselesaikan secara elegan. “Permasalahan yang dihadapi para kepala desa khususnya terhadap beberapa kades yang sudah didisposisi Bupati saya kira masih bisa diselesaikan ditingkat adat, jadi kami sangat berharap penegak hukum juga dapat membuka ruang itu sehingga kedepan antara penegak hukum dan Kepala Desa dapat sinergi dalam menjalankan sejumlah program penegakan hukum termasuk juga dalam memberikan rasa aman bagi warga masyarakat Pakpak Bharat” pungkasnya. @

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s