UNTUK MEMAKSIMALKAN PENGEMBANGAN KOPI ATENG KA-BAPELUH PAKPAK BHARAT TERJUN KEPERLADANGAN

UNTUK MEMAKSIMALKAN PENGEMBANGAN KOPI ATENG KA-BAPELUH PAKPAK BHARAT TERJUN KEPERLADANGAN
GETA_PAKPAK.COM
Untuk memaksimalkan usaha pengembangan tanaman kopi Ateng warga petani Cikaok, Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BAPPELUH) Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Sustra Ginting bersama Usaid Amarta turun langsung ke kawasan perladangan masyarakat melakukan penyluhan dan pembinaan kepada para petani. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa, 25/05 di salah satu perladangan kopi Ateng warga Desa Cikaok Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu (STTU JULU) Kabupaten Pakpak Bharat tepatnya lading kopi Ateng milik Mestasi Tumangger dan perladangan milik Kermina br. Berutu.
Pelatihan dilakukan pada sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB yang diikuti oleh sejumlah warga petani Cikaok bersama sejumlah petugas penyluh lapangan (PPL) desa sekitar. Dalam keterangannya pihak Bappeluh bersama Usaid Amarta menerangkan bagaimana cara memupuk, membasmi penyakit dan mengembangkan tanaman jenis Kopi Ateng. Secara khusus untuk membasmi sejumlah penyakit yang biasanya merusak tanaman Kopi Ateng diterangkannya dengan menggunakan salah satu jenis pembasmi hama yang disebut Hypotan dengan menggantung zat tersebut dalam sebuah media (Botol aqua) yang didalamnya telah dibuat zat hypotan setinggi dua meter dari atas tanaman.
Sementara untuk pemupukan Jasman Purba dari pihak Ussaid Amarta menerangkan bahwa dalam melakukan pemupukan dilakukan dengan mengorek sekeliling pohon Kopi lalu dalam korekan ditabur pupuk yangs esuai dengan kebutuhan kopi seperti KCL, Urea dan TSP. jangka waktu pemupukan dianjurkan dilakukan tiga kali dalam satu tahun yakni Bulan April, Bulan Agustus dan Bulan November setiap tahunnya. Dengan demikian diharapkan tingkat perkembangan tanaman juga akan dapat maksimal. @

Iklan

One thought on “UNTUK MEMAKSIMALKAN PENGEMBANGAN KOPI ATENG KA-BAPELUH PAKPAK BHARAT TERJUN KEPERLADANGAN

  1. bagaimana caranya agar tanaman koipi ateng bisa menghasil kan kan banyak buah dann bagaimana caranya agar tanaman tetap sehat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s