SUKSES PEMILUKADA PAKPAK BHARAT BUKTI KUATNYA ADAT BUDAYA PAKPAK

SUKSES PEMILUKADA PAKPAK BHARAT BUKTI KUATNYA ADAT BUDAYA PAKPAK
GETA_PAKPAK.COM
Suksenya pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Pakpak Bharat yang berlangsung pada 12 Mei 2010 yang lalu merupakan salah satu bukti betapa masih kuatnya adat istiadat dan kebudayaan setempat sebagai perekat bagi masyarakat ditengah gelombang Pemilu yang biasanya diwarnai dengan berbagai permasalahan termasuk perpecahan ditengah-tengah masyarakat. S. Berutu salah seorang tokoh adat Pakpak kepada wartawan di Tinada pada 21/05 mengatakan bahwa Pemilukada Pakpak Bharat hingga pada saat penghitungan suara tingkat Kabupaten berlangsung dengan baik.
Adapun riak demokrasi berupa demonstrasi yang berlangsung pada saat penghitungan suara tingkat Kabupaten pada 17 Mei 2010 yang lalu menurutnya merupakan warna dari demokrasi bebas berbicara, bebas bersuara yang berlaku bagi seluruh warga Pakpak Bharat yang muncul justru karena idahnya demokrasi di Kabupaten Pakpak Bharat. Bahwa siapapun memiliki hak untuk menyampaikan suaranya namun tetap dengan aturan dan tata tertib yang berlaku. “Hingga saat ini pasca Pemilukada Pakpak Bharat, masyarakat Pakpak Bharat tetap tenang dan penuh persaudaraan. Ini merupakan salah satu kemajuan yang pantas untuk ditiru oleh daerah lain” katanya.
Hal yang sama disampaikan oleh Barmike Maik, ST Sekjen Pemilukada Damai Pakpak Bharat 2010, bahwa suksesnya Pemilukada Kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu bukti telah semakin matangnya warga Pakpak Bharat beremokrasi. “Masyarakat kita sudah dapat mencermati setiap permasalahan maupun dinamika politik secara matang sehingga apa yang sudah kita lalui pada Pemilukada Pakpak Bharat hingga saat ini tetap terbentuk suasana yang bersahabat dan saling menghargai khususnya ditengah-tengah masyarakat” ungkapya. @

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s