Remigo Yolando Berutu, MBA: Ekonomi Keluarga Masih Menjadi Prioritas

Remigo Yolando Berutu, MBA:
Ekonomi Keluarga Masih Menjadi Prioritas
GETA_PAKPAK.COM
Mengangkat citra masyarakat Pakpak Bharat dimata dunia khususnya ditingkat Sumatera Utara, Remigo Yolando Berutu, MBA berujar bahwa kedaan tersebut sangat ditentukan oleh tingkat perekonomian keluarga dari masing-masing keluarga masyarakat itu sendiri. Hal itu disampaikannya menanggapi pertanyaan wartawan dalam sebuah pertemuan di kediamannya kawasan Mborgang Salak Pakpak Bharat pada Rabu, 07/04 menyangkut prioritas kerja yang akan dilakukannya pasca Pemilukada Pakpak Bharat jika terpilih nanti menjadi Bupati Kabupaten Pakpak Bharat Periode 2010-2015.
“Lima tahun kedepan kita akan masih prioritaskan peningkatan ekonomi keluarga dengan melakukan upaya-upaya konkrit termasuk dengan pemberdayaan koperasi dalam perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan gerakan uang dan gairah perekonomian ditingkat masyarakat itu sendiri” katanya. Ia yakin dengan semakin tinggi gairah ekonomi keluarga dan semakin tinggi peredaran uang ditingkat masyarakat, maka akan juga semakin meningkatkan motivasi masyarakat kelas menengah kebawah dalam mengembangkan usahanya. “Kita memiliki banyak usaha-usaha keluarga yang layak dikembangkan seperti kerajinan tangan, pengelolaan minyak nilam, gambir dan lain-lain yang sifatnya dapat dikelola oleh anggota keluarga. Ini harus benar-benar diberdayakan” ungkapya lagi.
Dengan menggenjot kemampuan keluarga dalam mengelola usaha dan meningkatkan produksi maka akan memberikan efek yang signifikan dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat Pakpak Bharat secara global. “Katakanlah sebuah koperasi yang bergerak dalam pengelolaan Gambir mendapat bantuan dana dan pembinaan melalui koperasi ataupun pinjaman keluarga, maka ini akan memberikan ruang keleluasaan yang lebih besar dari keluarga itu sendiri dalam mengembangkan usahanya dengan tetap mempertahankan tingkat motivasi keluarga itu sedniri untuk menyekolahkan anak-anak mereka” paparnya.
Bukan hanya itu, peningkatan ekonomi keluarga yang akan dilakukan pada masa kepemimpinannya kelak juga akan ditunjukkan dari sisi eksternal dengan menurunkan sebuah tim yang akan turut mengontrol pasar. “Ada banyak jenis komoditi pertanian masyarakat kita yang terkadang menjadi seolah musiman yang disebabkan oleh stabilitas harga yang tidak terprediksi seperti kopi robusta, kemenyan dan cabai. Ini harus juga mendapat perhatian kita sehingga masyarakat petani tetap termotivasi untuk mengelola usahanya” katanya. Beberapa langkah konkrit yang akan dilakukannya menurut alumnus Strata dua Australia itu tentunya juga bergantung dari niat dan kemampuan warga masyarakat untuk keluar dari kondisi saat ini, untuk itu ia juga menyediakan beberapa tonggak penyangga lain dengan tetap memperluas pembukaan lapangan kerja seperti pada kegiatan-kegiatan pekerjaan APBD yang dibuka luas bagi para putra-putri daerah.

REMIGO YOLANDO BERUTU, MBA BERSAMA WARGA. Terlihat dalam gambar Remigo Yolando Berutu, MBA berpakaian hitam saat diantara warga masyarakat dalam sebuah kunjungan peningkatan ekonomi keluarga di Urang Jehe.

REMIGO YOLANDO BERUTU, MBA BERSAMA WARGA. Terlihat dalam gambar Remigo Yolando Berutu, MBA berpakaian hitam saat diantara warga masyarakat dalam sebuah kunjungan peningkatan ekonomi keluarga di Urang Jehe.

One thought on “Remigo Yolando Berutu, MBA: Ekonomi Keluarga Masih Menjadi Prioritas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s