Casmayana Berutu JADIKAN PEMILUKADA SARANA PENINGKATAN SDM MASYARAKAT

Casmayana Berutu
JADIKAN PEMILUKADA SARANA PENINGKATAN SDM MASYARAKAT
GETA_PAKPAK.COM
Moment Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (PEMILUKADA) Kabupaten Pakpak Bharat diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu kesempatan bagi masyarakat Pakpak Bharat untuk peningkatan SDM. Hal tersebut dikatakan oleh Casmayana pemerhati pembangunan Pakpak Bharat kepada wartawan di Siempat Rube pada Senin, 15/03. Menurutnya dalam proses Pemilukada melibatkan hampir seluruh komponen masyarakat Pakpak Bharat, Pemerintah serta pihak-pihak terkait baik dari dalam maupun dari luar Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan SDM masyarakat itu sendiri.
Dengan memberikan contoh yang baik dalam berpolitik oleh para politisi dan para Tim Sukses dari masing-masing Balon Bupati/wakil Bupati dinilai menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para politisi dan pelaku langsung Pemilukada yang paling aktif. Demikian juga dengan pihak Pemkab Pakpak Bharat sangat diharapkan melakukan berbagai upaya pemberian pendidikan politik yang sehat kepada masyarakat baik secara formal berupa sosialisasi maupun non formal seperti menyampaikan pesan-pesan maupun seruan pemilukada damai belalui jajaran Pemerintahan seperti Camat dan Kepala Desa yang lebih banyak terjun ditengah-tengah kehidupan masyarakat.
Bukan hanya itu, pihak-pihak penyelenggara Pemilukada seperti KPU, Panwas, Kepolisian, DPRD dan lembaga-lembaga Independen pemantau Pemilu diharapkan secara lebih proaktif dapat melakukan upaya untuk pembekalan kepada masyarakat Pakpak Bharat dalam menghadapi Pemilukada yang dipastikan akan bergesekan langsung dengan kepentingan balon Bupati dan wakil Bupati. “Kadang masyarakat kita sendiri tidak tahu harus berbuat apa menyangkut Pemilukada 2010, bahkan balon yang maju juga bagi sebahagian masyarakat tidak diketahui. Nah ini sangat perlu sosialisasi yang serius, sementara penduduk pemilih Kabupaten Pakpak Bharat jumlahnya sangatlah kecil jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Sumatera Utara” ungkapnya. @

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s