Tokoh Masyarakat Pardomuan: HARUS ADA PENGAKUAN PEMBANGUNAN PAKPAK BHARAT SIGNIFIKAN

Tokoh Masyarakat Pardomuan:
HARUS ADA PENGAKUAN PEMBANGUNAN PAKPAK BHARAT SIGNIFIKAN
GETA_PAKPAK.COM
Tokoh masyarakat Pardomuan Kecamatan STTU JULU Walter Tumangger mengaku bahwa dalam usianya menjelang 80 tahun perubahan yang paling signifikan bagi Tanoh Simsim maupun Kabupaten Pakpak Bharat sangat jelas terlihat pasca Pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat sekitar enam tahun yang lalu. “Barus etelah masa dimekarkan inilah Tanoh Simsim mengalami perubahan yang sangat jauh dari tahun-tahun sebelumnya” ungkapnya kepada wartawan di Pardomuan pada (09/03). Secara khusus dalam dua tahun terakhir menurut Tumangger perubahaan yang dimaksud semakin nampak jelas, dimana berbagai pembangunan infrastruktur yang digulirkan oleh pemerintah seolah menyulap hampir seluruh wilayah Tanoh Simsim sehingga dapat dijangkau.
“Harus ada pengakuan bahwa tanpa ada pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat Tanoh Simsim akan terus terselubung bahkan tidak dikenal orang” ungkapnya. Terlepas dari berbagai angka-angka perubahan yang dialami Kabupaten Pakpak Bharat secara kasat mata Walter Tumangger mengatakan bahwa sangat jelas perubahan yang dialami Tanoh Simsim, sehingga ia menepis seluruh anggapan yang mengatakan bahwa Kabupaten Pakpak Bharat tidak mengalami peningkatan. Secara khusus dalam pemberdayaan masyarakats etempat Pak Tumangger menekankan bahwa hampri setiap rumah tangga di Kabupaten Pakpak Bharat juga mengalami peningkatan, baik secara ekonomi keluarga maupun peningkatan SDM melalui berbagai peluang yang ditawarkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sejak masa pemekaran.
“Pada penerimaan CPNS saja ribuan putra-putri daerah sudah mendapat status yang jelas dari jumlah penduduk kita yang hanya berkisar 40 ribu orang” katanya. Selain itu ia juga menilai bahwa peningkatan yang dimaksudkannya juga terlihat dari diberdayakannya para rekanan/kontraktor yang biasa disebut pemborong lokal yang telah menunjukkan kiprahnya dalam membangun kampung halaman. “Tanpa pemekaran Pakpak Bharat saya yakin apa yang kita liha saat ini berbanding sepuluh dari sebelumnya, dimana-mana kita melihat perubahan yang lebih baik, anak-anak sudah bersekolah, kuliah dan sarjana. Ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kami para orangtua” tegasnya.
Sekaitan dengan itu ia mengharapkan kepada seluruh warga Pakpak Bharat untuk tetap memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. “Sedemikian berubahnya Tanoh Simsim, semakin indah dan terbangun, namun jangan sampai kita terlena, lupa bahwa Tanoh Simsim memiliki silsilah, nenek moyang pemilik tanah leluhur yang senantiasa menjadi penunggu Tanoh Simsim, menjaga dan mendidik kita seluruh warga Pakpak Bharat melalui Tatanan adat istiadat-budaya yang sudah diturunkans ecara turun temurun” tegasnya. @

WALTER TUMANGGER

WALTER TUMANGGER

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s