Pemerhati Pembangunan Pakpak Bharat Tigan Solin: PEMBANGUNAN PAKPAK BHARAT TANPA STRATEGI

Pemerhati Pembangunan Pakpak Bharat Tigan Solin:
PEMBANGUNAN PAKPAK BHARAT TANPA STRATEGI
GETA_PAKPAK.COM
Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat sejak dimekarkannya dari Kabupaten Induk Dairi dinilai berangsung tanpa strategi. Tigan Solin, SE Pemerhati Pembangunan kabupaten Pakpak Bharat kepada wartawan di Salak, pada Jumat, 22/01 mengatakan bahwa Grand Design Strategi pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat seharusnya menjadi solusi atas realitas masyarakat Pakpak Bharat saat ini khususnya melihat kondisi pada masa pra pemekaran Kabupaten sekitar enam tahun yang lalu. Lebih jauh dikatakannya bahwa Grand Design Strategi yang dimaksudkannya seharusnya menggambarkan sebuak konsep dan rencana pembangunan yang dituangkan dalam tiga strategi yakni pembangunan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
“Dan ketiga jangka pembangunan tersebut harus diturunkan di masing-masing sektor yang itu dipriorotaskan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga pola pembangunan di Pakpak Bharat terintegrasi yang dapat menjawab persoalan riil di masyarakat” tegasnya. Apa yang dilakukan di sektor-sektor maupun setiap SKPD pemerintahan harus benar-benar mencerinkan dari kebutuhan riil yang dihadapi olreh masyarakat. “Semisal pada sektor pertanian, jika Dinas Pertanian melakukan upaya untuk membuka kantong-kantong produksi masyarakat yang baru, mestinya Dinas PU melakukan upaya untuk sejalan dengan apa yang tertera dalam Grand Design Strategi pada sektor pertanian, demikian dengan instansi lain, seperti perekonomian, pendidikan dan lain-lainnya itu” ungkap alumni Fakultas Ekonomi Janabadra Jokjakarta itu.
“Jika seluruh kegiatan yang dilakukan pada sektor pelaksana pembangunan hanya mampu melihat kegiatan kebutuhan hari ini saja, maka seluruh program dari masing-masing sektor tidak akan pernah menuju sebuah perencanaan besar yang seharusnya sudah tertuang dalam grand design strategi itu” tegasnya. Dikatakannya lagi pada forum-forum ditingkat SKPD yang berlangsung setiap tahun seharusnya sudah mengacu pada Grand Design maupun Blue Print dari pembangunan Pakpak Bharat. “Sehingga jika dalam kebiasaan sebutan eksekutif misalnya master plan itu seharusnya bermakna dasar, artinya master atau sederhananya cetakan, itu hanya satu yang dan semua aktivitas pembangunan itu mengacu pada master atau blue print atau grand design itu tadi. Nah yang kita butuhkan itu untuk saat ini adalah grand design strategi yang sifatnya satu dan mendasar itu” tegasnya lagi. @

TIGAN SOLIN

TIGAN SOLIN

Iklan

2 thoughts on “Pemerhati Pembangunan Pakpak Bharat Tigan Solin: PEMBANGUNAN PAKPAK BHARAT TANPA STRATEGI

  1. Selamat malam Saut, tayangannya bagus untuk menambah wawasan atau menyusun RENSTRA minimal sbg perbandingan dan yang lebih bagus lagi ditambah dengan gambar-gambar lingkungan pakpak sehingga akan memperlengkapi tulisan, mana tau saya tertarik untuk invest ke Pakpak, KLU Pak Saut dalam struktur pemerintahannya masuk yang mana ? Okay Pak Saut terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s