KOMISI A DPRD, KPUD, PEMKAB PAKPAK BHARAT KOMIT SUKSESKAN PILKADA 2010

Pakpak Bharat, GETA_PAKPAK.COM
Komisi A DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Komisi Pemilihan Umum Pakpak Bharat dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membangun komitmen bersama untuk mensukseskan pelaksanaan PEMILUKADA Kabupaten Pakpak Bharat yang akan dilaksanakan pada 12 Mei 2010. Hal tersebut terungkap pada Konfrensi Pers yang dilakukan oleh Komisi A DPRD Kabupaten Pakpak Bharat di gedung DPRD Pakpak Bharat pada Selasa, 15/12 yang dihadiri oleh Ketua Komisi A Sonny Berutu, STh, Mansehat Manik, Muda Banurea dan Habonaran Cibro. Dalam keterangannya Mansehat Manik anggota Komisi A. DPRD mengatakan bahwa dalam rapat dengan pendapat dengan pihak KPUD, Pemkab Pakpak Bharat dengan pihaknya secara bersama telah membangun komitmen untuk melanjutkan seluruh tahapan pelaksanaan PEMILUKADA Pakpak Bharat dengan sebaik-baiknya.
Hal yang sama diungkapkan oleh Muda Banurea yang juga anggota Komisi A DPRD Pakpak Bharat bahwa seluruh tahapan Pemilukada Kabupaten Pakpak Bharat harus tetap dijalankan, hal tersebut juga mengacu kepada Peraturan yang telah diterbitkan oleh pihak KPU Nomor: 1 tahun 2009 tentang pedoman penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Pakpak Bharat dan pembentukan PPK, PPS serta Panitia Pengawas PEMILUKADA Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2010. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak KPUD dan Pemkab Pakpak Bharat untuk berjalannya seluruh tahapan Pemilu tersebut dengan baik. Selain itu pihaknya selaku lembaga perwakilan rakyat di Kabupaten Pakpak Bharat akan menjalankan tugas-tugasnya seperti menerbitkan pemberitahuan berahirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat kemudian melakukan paripurna penyampaian Visi-Misi Calon Bupati Pakpak Bharat Periode 2010-2015 dan menerima laporan pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Pakpak Bharat 2010 serta melakukan pengawasan yang akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.
Sementara Sonny Berutu, STh pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa setelah dilakukannya rapat dengan pendapat tersebut diharapkan seluruh rangkaian mauoun tahapan Pemilukada Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2010 akan dapat berjalan dengan lebih baik. (Saut Boangmanalu)

Pakpak Bharat,
Dirasa hubungan kurang cair, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melakukan silaturahmi dengan para insan pers di Kabupaten Pakpak Bharat. Hal tersebut terungkap pada sambutan Sekda Pakpak Bharat Drs. Wartha Gandi Manik kepada wartwan di ruang Aula Sekda pada Senin, 14/12. Menurutnya selama kurun waktu satu tahun pihak pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan wartawan secara empirik memiliki hubungan yang kurang bersinergi dalam menggelorakan pembangunan daerah pakpak Bharat sehingga perlu dilakukan upaya untuk mencairkan hubungan tersebut sehingga kedepan keberimbangan pemberitaan dan profesionalisme wartawan semakin ditingkatkan disamping pemkab Pakpak Bharat juga dapat semakin meningkatkankinerjanya dalam rangka mempercepat laju pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat.
Sekaitan itu pada beberapa catatan usai melakukan rapat bersama wartawan Bapak Sekda yang didampingi Asisten Administrasi/Pemerintahan Makner Banurea dan Kabag Humas Lian Sinamo mengatakan bahwa Pemkab Pakpak Bharat beserta jajarannya perlu semakin memperkuat jalinan komunikasi dengan melakukan pertemuan rutin dan terjadwal. Dilain pihak insan Pers Pakpak Bharat diharapkan dapat menggelorakan pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat melalui pemberitaan-pemberitaanya disamping perlunya pihak Pemkab Pakpak Bharat memberikan perhatian yang lebih baik serta legal terkait insentif yang mengacu kepada tingkat kinerja dari insan pers itu sendiri.
Sementara insan pers dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai jurnalistik diharapkan dapat menjunjung tinggi etika dan estetika jurnalistik dalam menampilkan berita serta dalam dinamika pengambilan berita di lapangan. Selain itu pihak insan Pers Pakpak Bharat yang hingga saat ini sudah memiliki dua lembaga/wadah kewartawanan yakni Ikatan Wartawan Pakpak Bharat (IWPB) dan Aliansi Wartawan Pakpak Bharat (AWPB) secara internal dapat semakin diperkuat oleh masing-masing lembaga sehingga kedepan lembaga kewartawanan tersebut dapat bekerjasama dengan sebuah MOU dengan pihak Pemkab Pakpak Bharat khususnya terkait cek dan ricek pemberitaan yang ditampilkan pihak wartawan untuk menghindari berita yang profokatif, tendensius dan fitnah.
Pada kesempatan tersebut Lian Sinamo Kabag Humas mengharapkan kepada insan pers agar kedepan dapat saling mengingatkan dan saling meningkatkan kemampuan masing-masing lini dalam rangka mempererat serta meningkatkan kinerja khususnya dalam menggelorakan pembangunan daerah itu sendiri. @

Pakpak Bharat, GETA_PAKPAK.COM
Maju mundurnya Pembangunan sektor pendidikan yang menjadi konsentrasi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat tidak terlepas dari tingkat kemampuan/SDM aparatur pada sektor Dinas Pendidikan dan para guru dan manajemen sekolah-sekolah. Sekaitan itu dibutuhkan langkah-langkah konkrit untuk membenahi keseluruhan Sumber daya yang dimiliki sektor tersebut. Drs. Holler Sinamo Kadis Pendidikan Pemkab Pakpak Bharat dalam sebuah wawancara dengan Wartawan Media ini memaparkan sejumlah strategi yang sudah dipersiapkan pihaknya dalam mencapai target pembangunan sektor pendidikan di Pakpak Bharat.
“Jika bawahan lebih bisa, saya tidak perlu marah tapi saya harus membangun diri” ungkapnya mengawali perbincangan terkait penguatan SDM di sektor pelaksana pembangunan pendidikan yang dinilai hingga saat ini masih sangat minim kader kepemimpinannya. Menurutnya hal yang pertama perlu dibenahi adalah SDM di Dinas pendidikan beserta jajarannya dengan para guru-guru yang merupakan ujung tombak dari realisasi program pendidikan itu sendiri. Satu persatu formulasi pembangunan yang sudah dipersiapkan pihaknya terus dilakukan antara lain dengan pemberian berbagai peluang untuk pelatihan, studi banding dan tugas belajar bagi aparatur pemerintahan.
Salah satu bentuk penguatan yang dimaksudkannya seperti yang dilakukan pihaknya pada 11-21 November 2009 yang lalu dengan memberangkatkan seluruh Kepala Sekolah SD dan SMA sederajat studi banding ke sekolah favorit di Bandung dalam rangka memperluas pengetahuan dan wawasan tingkat Kepala Sekolah untuk kemudian diharapkan akan dapat dikembangkan maupun direalisasikan kelebihan-kelebihan yang didapat disekolah-sekolah yang sudah maju tersebut di wilayah kerjanya masing-masing di Kabupaten Pakpak Bharat.
“Guru harus bisa sebagai guide bagi para anak didik, jangan hanya menerangkan dan menerangkan mata pelajaran. Anak didik harus dimampukan mencari sendiri apa yang menjadi kebutuhan dalam pelajaran tersebut. Si anak didik harus mampu memperdalam dari apa yang disampaikan oleh gurunya” ungkapnya. Untuk itu pihaknya secara khusus pada tahun 2009 telah memberikan berbagai kesempatan bagi para guru untuk mendapatkan pelatihan termasuk dengan dilakukannya kerjasama dengan pihak Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara.
Disamping penguatan terhadap guru dan jajaran birokrasi Dinas Pendidikan, penyediaan berbagai fasilitas sekolah juga tidak kalah penting. Hingga saat ini dari 95 % dari seluruh SD yang terdapat di Kabupaten Pakpak Bharat kini sudah memiliki perpustakaan yang penyediaannya dilakukan mulai dari pelaksanaan DAK tahun 2007. “Ini salah satu langkah untuk menciptakan anak didik yang lebih proaktif dan kreatif dalam mengisi diri dengan berbagai ilmu pengetahuan khususnya menyangkut mata pelajaran yang sedang dijalankan disekolahnya” paparnya. Dikatakannya kedepan seluruh fasilitas pendukung lainnya juga akan terus dibenahi termasuk laboratorium dan fasilitas lain yang sifatnya meningkatkan kecerdasan anak.
Ketika ditanya terkait target terdekat yang hendak dicapai dalam setiap tahunya, alumni Nomensen Strata dua itu mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan peningkatan persentase anak didik dari lulusan Sekolah mengah tingkat atas Kabupaten Pakpak Bharat masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terbukti pada tahun 2009 terdapat 92 lulusan dari Kabupaten Pakpak Bharat sudah mampu melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri. “Ini akan terus kita tingkatkan termasuk juga pemberian beasiswa yang berhasil lulus ke PTN melalui jalur seleksi umum diseluruh Indonesia yang sudah kita lakukan sejak tahun-tahun yang lalu bagi para lulusan kita di berbagai PTN” ungkapnya.
Menyangkut realisasi 20% anggaran Pendidikan dari APBD Kabupaten Pakpak Bharat pada Tahun Anggaran 2009 bekas Kadis Sosnakertrans itu berpandangan bahwa hal tersebut merupakan sebuah keharusan mengingat sektor pendidikan merupakan sektor yang paling vital dalam menentukan maju mundurnya sebuah daerah. Sederhananya Pak Sinamo menggambarkan masyarakat yang tidak memiliki pendidikan yang memadai akan sulit untuk memahami perlunya pendidikan itu sendiri, disamping itu melalui pendidikan masyarakat akan dapat maju secara bersama-sama.
“Sederhananya oda mungkin itingkah bapa Medan molo oda kerna aku sikkola kin (Red=sederhananya tidak mungkin Bapak kenal Medan kalu bukan karena saya sekolah disana). Demikian yang lain melalui pendidikan ini setiap keluarga bisa berubah, bisa maju dan memahami setiap perkembangan zaman” tegasnya. Ia juga menggaris bawahi bahwa melalui pendidikanlah seseorang bisa berubah sebagaimana juga selalu diungkapkan oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA dalam setiap momen pertemuannya dengan masyarakat. @

Iklan

One thought on “KOMISI A DPRD, KPUD, PEMKAB PAKPAK BHARAT KOMIT SUKSESKAN PILKADA 2010

  1. Dinar Boang Manalu menjalin hubungan dengan suami saya, sehingga suami saya bernama”Minola Sembiring” tidak pernah lagi pulang dan dijadikan supir pribadi dan disinyalir menjadi suami simpanannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s