TOKOH MASYARAKAT PAKPAK SEDDI BOANGMANALU: BERMUNCULAN BUDAYA CANGKOKAN

Pakpak Bharat, GETA_PAKPAK.COM
Sejak dimekarkannya Kabupaten Pakpak Bharat selain mengalami pergeseran dibidang ekonomi dan pertanian, pada sector budaya juga mengalami pergeseran, namun Seddi Boangmanalu (28/11) salah seorang tokoh masyarakat Pakpak Bharat menilai pada sector adapt-sitiadat budaya Pakpak banyak mengalami penurunan yang bersifat negative. “Kini terdapat sejumlah lembaga dan tokoh masyarakat yang seolah menampilkan kebudayaan Pakpak namun dibalik semuanya itu malah memunculkan budaya cangkokan yang hanya termotivasi untuk material semata” ungkapnya menegaskan.
Lebih jauh ia mengungkapkan seharusnya jika sebuah lembaga budaya didirikan lebih diorienasikan pada pengembangan budaya dan pengembangan nilai-nilai budaya itu sendiri. “Banyak tatak (Red=tarian Pakpak) yang memiliki makna dan nilai yang cukup tinggi untuk menuntu kehidupan masyarakat kita, namun hingga saat ini tatak, tulisan Pakpak dan lainnya masih terbenam bahkan terus mengalami pergeseran” tegasnya. Pada pelaksanaan pesta-pesta adapt perkawinan misalnya Pak Boangmanalu mengatakan bahwa seringkali dalam pelaksanaan acara adapt tersebut yang dilakukan malah adapt-istiadat luar daerah.
Ironisnya lagi menurut Pak Boangmanalu para tokoh masyarakat dan lembaga yang terdapat di Pakpak Bharat cenderung hanya diam saja tanpa melakukan upaya penekanan maupun pengembangan Budaya Pakpak. Sekaitan itu ia mengatakan bahwa perlu dilakukan penguatan terhadap seluruh kepengurusan lembaga-lembaga adat serta pelaku-pelaku budaya itu sendiri. @

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s